Pages Menu
TwitterRssFacebook
Categories Menu

Posted by on Sep 15, 2013 in Berita

Kerjasama PT. Aplikanusa Lintasarta dengan Universitas Sriwijaya Dalam Pengembangan Laboratorium di Fakultas Ilmu Komputer

Pada tanggal  10 September 2013 merupakan hari bersejarah bagi Universitas Sriwijaya (UNSRI) khususnya Fakultas Ilmu Komputer dengan ditandatanganinya Perjanjian Kerjasama dengan PT. Aplikanusa Lintasarta. Dalam penandatanganan Perjanjian Kerjasama  ini dilakukan oleh Dr. Darmawijoyo, Dekan Fakultas Ilmu Komputer, mewakili UNSRI dengan Samsriyono Nugroho, Presiden Direktur PT. Aplikanusa Lintasarta, yang dilaksanakan di Universitas Sumatera Utara, Medan. Kerjasama yang dilakukan adalah memberikan bantuan Corporate Social Responsibility (CSR) oleh PT. Aplikanusa Lintasarta berupa paket praktikum 3,5 GHz Worldwide Interoperability for Microwave Access atau disingkat WIMAX. Perangkat WIMAX 3,5 GHz yang dihibahkan telah terpasang di Laboratorium Jaringan Komputer  Fakultas Ilmu Komputer  UNSRI. Adapun perangkat WIMAX yang terpasang terdiri dari:

  1. 1 set Base Station  (ODU/Antenna dan IDU/Modem)
  2. 5 set  Remotes (ODU/Antenna dan IDU/Modem)
  3. 2 set Remotes backup
  4. Perangkat pendukung (Sangkar Faraday, Attenuator, Pole)

Sebagai informasi, WIMAX adalah salah satu teknologi Broadband Wireless Access (BWA) yang digunakan untuk menyediakan akses internet dan layanan multimedia berkecepatan tinggi. WiMAX berada di kategori 4G atau teknologi generasi ke-4, berada sejajar dan bersaing dengan teknologi LTE (Long Term Evolution), dan merupakan evolusi dari teknologi BWA sebelumnya dengan fitur-fitur yang lebih menarik. Berdasarkan IEEE 802.16 Air Interface Standard, WIMAX memberikan arsitektur point-to-multipoint, sehingga membuatnya menjadi metode ideal bagi operator telekomunikasi untuk menyediakan broadband ke lokasi dimana koneksi kabel dinilai sulit atau mahal.

Pada acara penandatanganan perjanjian kerja sama tersebut,  PT. Aplikanusa Lintasarta juga memberikan hibah CSR yang sama kepada Pembantu Rektor IV Universitas Sumatera Utara, Prof. Dr. Ningrum Natasya Sirait, SH, MLI, Pembantu Rektor IV Universitas Syiah Kuala, Prof. Dr. Ir. Darusman, M.Sc dan Pembantu Rektor IV Universitas Riau, Dr. Adhy Prayitno, M.Sc. Selain bantuan CSR, PT. Aplikanusa Lintasarta juga bekerjasama dalam peningkatan pengetahuan mahasiswa melalui program Kuliah Umum di Fakultas Ilmu Komputer.

Share this page ...Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Google+0Email this to someonePrint this page