Pages Menu
TwitterRssFacebook
Categories Menu

Posted by on Jul 2, 2013 in Informasi

Laboratorium berbasis Cloud Computing

KAMPUS BUKIT– Setelah selesai merilis teknologi VOIP yang diketuai oleh bapak Tasmi Salim, S.Si minggu yang lalu, senin, 1 Juli 2013 kembali tim laboratorium FASILKOM UNSRI memberikan gebrakan baru dengan membangun teknologi “LABORATORIUM BERBASIS CLOUD COMPUTING” yang di ketuai oleh kepala laboratorium Fasilkom sendiri yaitu Dr. Reza Firsandaya Malik, M.T.

Cloud Computing sendiri mempunyai arti yaitu gabungan pemanfaatan teknologi komputer (Computing) dan pengembangan berbasis internet (Cloud), dimana informasi akan tersimpan secara permanen di server di internet dan tersimpan secara sementara di pengguna (client) termasuk di dalamnya adalah desktop, komputer tablet, notebook, dan lain-lain. sehingga semua pengguna dapat memanfaatkan cloud ini dengan notebook atau gadget-gadget yang mereka bawa ke kampus.

Cloud computing yang dikembangkan oleh yang biasa dipanggil Pak Reza dan tim ini menggunakan software Ulteo OVD (Open Virtual Desktop) tentunya berbasis open source. teknologi ini juga diangkat sebagai Tugas Akhir dari salah satu mahasiswa D3 Teknik Komputer bimbingan bapak Reza sendiri.

Menurut Kepala Laboratorium Fasilkom Dr. Reza disela-sela kesibukannya, laboratorium berbasis cloud ini merupakan tahap awal, dimana kedepannya nanti akan diterapkan tidak hanya di laboratorium saja melainkan ke seluruh penjuru kampus Fasilkom Unsri ini, dan Alhamdulillah.. berkat kerja keras tim dan mahasiswa serta peralatan yang cukup memadai cloud computing ini dapat diselesaikan dengan baik. dan untuk sementara waktu hostpot dan server cloud computing ini akan diletakkan di laboratorium multimedia Bukit Besar.

[wowslider id="26"]

Share this page ...Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Google+0Email this to someonePrint this page